AKU SIAPA, SIAPA AKU

8:42:00 AM


Tentu kita tau, bahwa semua berawal dari kecil. Kita dahulunya adalah anak kecil. Tumbuhan berawal dari kecil. Hingga hidup kita pun awalnya adalah hidup kecil. Lalu kita berjuang untuk membesarkannya.

Kita tidak bisa hidup sendiri. Pasti ada hal yang dibantu oleh orang lain. Pada awalnya, kita terkadang krisis terhadap rasa percaya diri kita. Satu pertanyaan yang muncul adalah "siapa aku". Dalam tahap ini kita masih berjuang dalam menapaki jejak hidup agar jadi orang sukses.

Waktu berlalu. Lalu kita menjadi orang yang sudah lumayan. Alhasil kemanapun kita pergi, seakan-akan kita sudah sukses. Kata yang muncul berubah, menjadi "aku siapa". Padahal dijalanan tidak ada satupun orang tau siapa kita. Namun lagak dan gaya sudah setinggi langit.

Sukses memang menjadi impian setiap orang dengan kriterianya masing-masing. Yang jelas, sukses adalah tercapainya apa yang dicita-citakan. Lalu jika kita sebenarnya belum sukses, adakah yang ingin kita sombongkan? Bahkan ketika kita sukses beneranpun, sombong itu adalah hal yang berdosa?

Setiap saya pulang kampung, dengan bus yang bahkan hanya kelas ekonomi, rasanya banyak sekali yang berlagak sepertinya orang sukses atau memang sudah sukses beneran. Hal yang membuat saya berfikir adalah, jika mereka sudah sukses lantas masihkah mereka menaiki bus ekonomi yang minim fasilitas itu ? Ataukah itu adalah kesederhanaan dari mereka ?

Entahlah. Saya sendiri masih butuh perjuangan yang sangat panjang untuk mencapai tujuan dan cita-cita saya. Yang jelas, kita harus berjuang untuk mencapainya. Seperti dalam Alqur'an, bekerjalah seperti kita akan hidup selamanya, dan sholatlah seperti kita akan meninggal esok hari.

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter