Belajar dari Masa Kecil

5:58:00 PM



Saat saya kecil dulu teringat sekali ketika hendak memulai pelajaran di Madrasah, guru saya selalu menyuruh berdoa. Salah satu diantara siswa pasti ditunjuk untuk memimpin doa. Sehingga setiap siswa pasti hafal, kata yang akan diucapkan untuk memimpin doa tersebut. Sebelum pulangpun, kami selalu diajari untuk tetap berdoa agar selamat sampai rumah masing-masing.

Menginjak SMP, dikelas masih selalu kita lakukan hal itu, berdoa sebelum dan selesai belajar. Hingga pelajaran yang kami pelajari sepertinya paham diluar kepala. Memasuki jenjang SMK, nampaknya hal itu menjadi jarang dilakukan. Bukannya kita tidak ingat, namun karena masing-masing mata pelajaran diampu oleh guru yang berbeda, kadangkala guru kami yang masuk pelajaran pertama lupa. Lalu hanya dibuka dengan salam dari beliau.
Meskipun setiap jum'at disekolah kami itu ada tilawah membaca Alqur'an terlebih dahulu. Nampak tidak semua murid dengan ikhlas hati menjalaninya. 

Saya tiba-tiba sadar, sejak kecil pasti doa yang wajib dibaca adalah "Rabbi zidmi ilman, warzuqni fahman" yang artinya Ya Allah, tambahkanlah ilmu bagiku dan berikanlah aku kefahaman.

Menginjak diperguruan tinggi, karena saya juga mengambil kuliah malam, nampak sekali ketika hendak mulai mata kuliah, guru saya biasanya hanya membuka dengan salam. Meskipun tidak semuanya, dan ada beberapa yang selalu mengingatkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Lalu saya mengingat kembali, saat kecil dulu saya merasa mudah memahami ilmu yang diberikan guru saya, namun semakin kini nampaknya semakin susah saja. Terlepas dari apakah guru kita mengajarkan untuk kita bisa paham atau yang alakadarnya yang penting materi tersampaikan, ataukah materi yang memang sulit, ataukah murid yang memang malas belajar, ataukah hal lain yang saya sendiripun tak ketahui.

Namun, sudah sepantasnya kita kembali melakukan apa yang sejak kecil sudah ditanamkan pada diri kita. Meskipun terlihat singkat dan ringan, namun berdo'a sebelum memulai dan sebelum pulang merupakan hal yang patut kita terapkan kembali. Karena, guru saya pernah bilang "ilmu itu suci, maka tempat dan orang yang belajarpun juga harus suci jika ingin mendapatkannya".

Sehingga saya coba meringkas dari buku kecil saya saat sekolah, apa saja yang sebaiknya kita lakukan sebelum, ketika dan sesudah belajar. Simak baik-baik yuk.

1. Bersuci dengan mengambil air wudhu agar ilmu yang diajarkan bermanfaat.
2. Masuk ruang kelas dengan mendahulukan kaki kanan dan membaca Basmalah.
3. Masuk dengan tenang dan duduk ditempat masing-masing sebelum guru masuk di ruang kelas.
4. Menghubungi petugas piket atau tata usaha, jika pengajar ditunggu beberapa saat belum juga hadir.
5. Mengawali belajar dengan berdo'a bersama.
6. Mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan penuh perhatian serta tidak memainkan smartphone.
8. Tidak memotong pembicaraan guru.
9. Jika bertanya, angkat tangan kanan dan bersuara dengan jelas.
10. Menghindari bercanda yang berlebihan atau tertawa lepas.
11. Mengerjakan ulangan atau tugas dengan jujur dan sungguh-sungguh.
12. Melaksanakan pekerjaan yang diperintahkan guru yang berkaitan dengan tugas-tugas keilmuan.
13. Menghindari corat-coret meja, kursi, tembok dan seluruh fasilitas sekolah atau kampus.
14.  Akhiri kegiatan belajar dengan berdo'a bersama dan do'a penutup majlis.
15. Tidak mendahului berdiri dari tempat duduk sebelum guru berdiri dan meninggalkan ruang kelas.
16.  Keluar dari ruang kelas dengan mendahulukan kaki kanan dan membaca Hamdalah.

Selain hal diatas, kita juga sebaiknya mencium tangan guru kita sebagai tanda penghormatan kepada guru namun dengan catatan guru kita tidak berlawanan jenis. Jika berlawanan jenis, cukup dengan senyum dan salam.

Dalam hal keterlambatan, sebaiknya minta ijin terlebih dahulu kepada petugas piket atau mengikuti kesepakatan awal maksimal keterlambatan. Jika diijinkan masuk, maka sebaiknya langsung duduk ditempat kosong agar tidak menggangu kegiatan belajar yang sedang berlangsung dan tidak perlu mengucapkan salam. Hal ini sesuai dengan tuntunan dalam islam perihal ucapan salam yang semoga bisa kita bahas lain waktu.

Nah..itulah sedikit tulisan yang semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi diri saya sendiri.

*Image source www.jeqweb.com

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter