Flexible..How Fast Can You ?

8:10:00 PM



Dunia memang penuh persaingan. Ada saatnya kita kecil, dan ada saatnya kita jadi besar. Sesungguhnya, disaat besar itulah kita sedang benar-benar diuji.

Trimester akhir tahun lalu, kita ditampilkan oleh sebuah iklan dari perusahaan raksasa yang seakan tidak berdaya melawan perusahaan kecil disekelilingnya. Pertanyaannya adalah, mengapa bisa terjadi ?

Disaat kita kecil, kita memang bisa bergerak lebih lincah. Bukan karena kita lebih bagus, tapi orang didalamnya lebih mudah dikendalikan dan lebih cepat digerakkan. Kita hanya butuh bersepakat dengan beberapa orang dan langsung dapat melangkah. Lalu kita berkembang menjadi besar, dan akhirnya semakin banyak orang didalamnya. Hingga akhirnya untuk perubahan kecil saja menjadi lama.

Perusahaan yang kecil atau startup, mungkin dalam hal jumlah karyawan masih sedikit, sehingga ketika ada perubahan bisa cepat tersosialisasikan. Lalu apakah perusahaan besar lambat ? Bukankah kebanyakan perusahaan besar sudah maju dalam IT? 

Lalu, apakah sebenarnya ketika kita besar, kita menjadi sulit bergerak ? Sulit untuk mengikuti perkembangan? Menurut saya tidak. Jawabannya adalah Fleksibilitas. Apa itu Fleksibilitas ? Fleksibilitas adalah penyesuaian diri secara mudah dan cepat; keluwesan; ketidakcanggungan. 

Jika karena perusahaan kecil karyawannya masih sedikit, sehingga ketika ada perubahan informasinya cepat tersampaikan, bukankah perusahaan besar IT nya sudah maju dan komunikasi tidak lagi jadi masalah ?

Jika perusahaan kecil cepat karena bergerak lincah, bukankah perusahaan besar bisa memperhitungkan dengan mesin canggih, kapan mereka harus bergerak ?

Roda selalu berputar. Begitu juga dengan kesuksesan. Ada masa dimana yang besar tidak lagi bergerak karena sudah merasa hebat. Hingga akhirnya terlena, dan ketika bangun, ternyata ada perusahaan kecil yang lebih unggul karena tetap bergerak fleksibel mengikuti perkembangan jaman.

Reference : kbbi.web.id

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter