Pahlawan itu . .

8:17:00 PM



Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November !
Tepat hari ini, kita memperingati Hari Pahlawan Nasional. Meskipun sudah malam, namun bagi saya tidak ada alasan untuk mengecilkan ide. 

Pahlawan yang pada jaman kemerdekaan membela bangsa dan negara demi persatuan Indonesia.

Pahlawan yang rela melepaskan simbol ras, suku maupun golongan. Bagi saya, ini bukan berarti kita melepaskan saja. Justru ini menjadi semangat kita, agar mampu membanggakan suku, ras dan golongan tersebut. 

Lalu bagaimana dengan agama ?
Agama bebas dipeluk oleh masing-masing warga negara. Kalo tidak salah seperti itu bunyinya dalam Undang-Undang. Dan jaman kemerdekaan pun, masing-masing pejuang membela negara inipun karena memang karena sunah dari agama, khusunya agama islam.

Jika kita tengok, selepas negara ini merdeka, Belanda melakukan agresi militer. Hingga para Kyai diminta bantuannya agar memberi semangat kepada pemuda agar ikut berjuang. Hingga lahirlah Resolusi Jihad NU. Sehingga para pemuda bersemangat untuk ikut berjuang mempertahankan negara ini, karena ada anjuran ulama'.
Itu adalah salah satu contoh bagaimana peran agama sangat kuat dalam pendirian bangsa ini.

Lalu bagaimana Pahlawan Masa Kini ?

Bagi saya, pahlawan adalah mereka yang mau menyisingkan baju untuk membantu orang lain. Bukan yang bersedekap lalu menyaksikan orang lain susah.
Pahlawan adalah mereka yang menjaga keutuhan bangsa, dengan tidak mencederai perasaan suku lain.
Pahlawan adalah mereka yang menjaga keutuhan bangsa, dengan tidak menyakiti perasaan golongan lain.
Pahlawan adalah mereka yang menjaga keutuhan bangsa, dengan tidak memicu kerusuhan ras  lain.
Dan pahlawan adalah mereka yang menghormati agama dan kepercayaan orang lain, sehingga tercipta kerukunan.

Selayaknya, Hari Pahlawan Nasional ini kita peringati dengan menghargai jasa para pahlawan. Kita harusnya juga mewarisi semangat pejuang untuk membangun bangsa ini. Dengan apa ?

Salah satunya kontribusi. Kontribusi dalam memajukan berbagai bidang kehidupan. Jika kita belum mampu untuk berkontribusi untuk semua bidang, maka pilih saja salah satu bidang. 

Luangkan waktu, dan berikan apa yang bisa kita berikan kepada bangsa ini. Mengutip apa yang disampaikan Jenderal TNI Gatot N : "Kita hidup di dunia ini hanya sementara, yang lebih abadi adalah di akhirat".

Lalu, apa yang sudah kita lakukan agar menjadi pahlawan yang dikenang di dunia dan bermanfaat kelak di akhirat ? 


*Image by Afiv

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter