. atau ..

10:54:00 PM



Bukan "atau" yang akan saya bahas kali ini, melainkan . (satu titik) atau .. (dua titik)
Bagi saya sendiri, menulis dengan diakhiri dua titik lebih friendly dibanding hanya diakhiri satu titik. Entah sejak kapan mulainya, namun hingga sekarang, jika saya menulis percakapan saya hampir selalu mengakhiri dengan dua titik di akhir kalimat. Baik itu dalam sms, whatsapp, bbm, email dan madih banyak lagi media saat ini. 

Saya jarang menemui, orang yang juga menggunakan dua titik ini. Apakah karena dianggap terlalu boros huruf, atau menghasilkan efek yang sama saja ataukah ada yang lain. 

Secara KBBI yang saya sadur dari kbbi.web.id, titik artinya sebagai berikut :

titik1/ti·tik/ n noktah (pada huruf, tanda, tanda baca, dan sebagainya): setiap kalimat berita diakhiri dengan tanda titik.

Jadi, bisa kita deskripsikan juga bahwa penggunaan satu titik ini untuk memberikan pernyataan akhir dan bukan kalimat yang masih menggantung. 

Lalu bagaimana dengan dua titik. Sampai sejauh ini saya belum menemukan arti dua titik ini, pun dalam KBBI. Anggaplah jika dua titik ini bagi pembaca tidak mempunyai efek apa-apa, lalu bagi saya sendiri, dua titik ini mempunyai suggesti yang positif yaitu saya merasa dengan menggunakan titik dua tersebut, maka pesan yang saya tulis menjadi lebih friendly dan tidak terlalu kaku. Apakah saya boleh menggunakan dua titik tersebut ?

Saya akan jawab YA.. karena itu positif bagi saya sendiri dan orang lain pun mengganggap tidak berpengaruh. Namun jika ada yang komentar tentang hal tersebut lalu orang itu merasa terganggu, maka saya hampir pasti akan menghentikan penggunaan dua titik tersebut. Maka saya akan bertanya : "apakah anda tertanggu?" Silahkan dimasukkan komentar dan saran dari teman-teman sekalian di kotak komentar dibawah :)

Untuk satu titik, biasanya saya gunakan ketika ada percakapan yang perlu ketegasan atau konfirmasi. Kita tahu, didalam bahasa pesan, kita juga harus bisa menyampaikan perasaan dari diri kita agar sampai pada pembaca. Sehingga saya akan gunakan satu titik ini.

Alhasil selain satu titik atau dua titik, kita juga belajar bahwa ketika sesuatu ide kecil yang bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri, kenapa tidak dilakukan, mungkin saja ide kecil itu justru bisa menginspirasi orang lain, namun selama orang lain juga tidak terganggu :)


* Image by Afiv

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter