Belajar dari Carabiner itu..

1:12:00 PM



www.campfour.com

Belajar memang bisa dari manapun. Salah satunya adalah dari carabiner, yaitu alat yang digunakan sebagai penahan tali ketika melakukan rapling ataupun hal lain.

Saya teringat ketika masih SMK dulu, tepatnya waktu kelas 1, disekolah saya ada ekstra wajib yaitu kesamaptaan. Disana salah satu materinya adalah rapling dari bak penampung air yang tingginya lebih dari 10 meter (kira-kira 3 lantai).

Waktu itu, sempat bapak guru saya bilang dengan nada mengancam, beliau bilang "kalau sampai ada yang menjatuhkan carabiner, maka push up 100x, pull up 100x dan sit up 100x".

Waktu itu saya dan teman-teman hanya bisa berfikir wow, gila itu. Hanya menjatuhkan saja dihukum sebegitu kerasnya, dan anehnya dia bilang, kalau carabiner yang jatuh tidak boleh digunakan lagi.

Setelah beberapa waktu kemudian, saya dan teman-teman baru tahu, ternyata carabiner ini terbuat dari chrom sehingga ringan dan kuat. Didalamnya padat, namun ternyata ada kelemahannya, jika dia pernah jatuh, ikatan pertikel didalamnya bisa terpisah dan menyebabkan rapuh. Meskipun masih terlihat bagus, namun jika pernah jatuh, carabiner itu akan patah ketika digunakan.

Dan, barulah kita sadar, kenapa bapak guru bilang seperti itu.

Dari situ, kita dapat mengambil insight, bahwa meskipun seseorang terlihat kuat diluar, penampilannya, cara bicaranya yang lantang, belum tentu hatinya juga kuat. Bahkan bisa jadi penampilan itu untuk menutupi jati dirinya.
Dan nyatanya ilmu yang berkembang saat ini dibidang psikologi, kita mengenal EQ, dimana itulah yang dominan terhadap hidup kita.

Dari situ, menurut saya pribadi dapat mengambil pelajaran, bahwa kita tidak bisa menilai orang dari keadaan luarnya seperti kata oeang barat don't judge the book by it's cover. Selain itu, kita juga harus merubah dan menguatkan hati kita, sebelum berkeinginan merubah sekitar kita agar ketika kita masuk dalam proses tersebut, tidak ada orang yang dibahayakan akibat sifat buruk dari diri kita.
Karena seperti carabiner yang pernah jatuh tersebut, meskipun terlihat kuat namun dia bisa membahayakan orang lain jika digunakan.

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter