Fight Until | Your Time's End

10:24:00 PM


Series 2 : Fight until Your Time's End

Sifat pantang menyerah adalah kunci menjadi juara. Yang paling dapat kita lihat contohnya secara langsung adalah dalam olahraga sepakbola. Bagaimanapun, 90 menit adalah waktu yang harus digunakan hingga titik penghabisan. Tidak boleh ada sedetik atau semenit waktu dilewatkan.

Suatu tim boleh saja, selama 85 menit berpenampilan bagus dan mencetak banyak gol. Namun, jika dalam 5 menit tersisa tim itu tidak konsentrasi, maka bisa saja tim lawan akan comeback. Dalam banyak pertandingan, telah terbukti bahwa tim yang pantang menyerahklah yang menjadi pemenang dalam suatu pertandingan.

Hal ini juga berlaku dalam kita bekerja maupun belajar. Saya beberapa kali melihat, ada orang yang menyerah begitu saja ketika menghadapi soal yang susah. Lalu ia bilang pada pengawas, bahwa ia akan mengambil susulan. Kita bisa melihat bahwa mental seperti itu bukan mental pejuang. Karena, bagaimana mungkin seorang pejuang begitu melihat suatu masalah dengan mudahnya bilang menyerah. 

Masalah selalu ada dalam kehidupan. Jika kita menghindarinya, justru masalah akan bertambah semakin banyak. Contoh sederhananya adalah ketika kita dapat tugas saat kuliah. Hari Senin kita dapat satu tugas. Selasa dapat satu, dan seterusnya. Setiap hari dapat satu tugas. Jika tidak kita cicil, maka sampai hari sabtu kita jadi punya 6 tugas. Seperti itulah masalah. Ia datang untuk kita selesaikan dan kita pecahkan. 

Selama masih ada waktu, maka kita harus berjuang hingga akhir. Namun, jika waktu sudah habis, maka kita harus sportif. Hal ini sering dilakukan oleh dosen dikampus saya. Ketika ujian, maka dosen akan menghitung waktu mundur. Setelah waktu itu habis, jawaban yang diserahkan apapaun alasannya akan ditolak. Kita coba bandingkan dalam sepak bola. Apakah jika waktu 90 menit sudah habis, lalu babak perpanjangan waktu juga sudah habis dan wasit sudah meniup peluit, jika seorang pemain menendang bola lalu masuk ke gawang, apakah akan dianggap sebagai gol? 

Jika kita tidak tahu jawabannya, mari kita tanyakan pada ahli sepakbola. Jadi, siap berjuang hingga akhir waktu ?

...Inspired from Mid Semester Exam

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter