Apa itu Generasi Y ?

6:41:00 AM



Sudah pernah dengar Generasi Y ?

Generasi Y adalah generasi yang lahir tahun 1981-1994. Dan saya termasuk didalamnya.

Generasi Y juga dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instan messaging dan media sosial seperti facebook, twitter dan juga suka main game online.

Generasi Y memiliki karakteristik masing-masing individu berbeda, tergantung dimana ia dibesarkan, kondisi strata ekonomi dan sosial keluarganya. Pola komunikasinya sangat terbuka dibanding generasi-generasi sebelumnya. Generasi Y merupakan pmakai media sosial yang fanatik dan kehidupannya sangat terpengaruh dengan perkembangan teknologi.

Generasi Y lebih terbuka dengan pandangan politik dan ekonomi, sehingga mereka terlihat sangat reaktif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekelilingnya. Mereka memiliki perhatian yang lebih terhadap ‘wealth’ atau kekayaan.

Pada setiap tahap kehidupannya, generasi Y akan berbeda. Pada saat muda, ia akan tergantung pada kerja sama kelompok. Sedangkan pada saat dewasa akan berubah menjadi orang-orang yang akan lebih bersemangat ketika bekerja secara berkelompok terutama di saat-saat kritis. Pada saat paruh baya mereka akan sangat berenergi, berani mengambil keputusan dan kebanyakan mampu menjadi pemimpin yang kuat. Pada saat mereka tua akan menjadi sekelompok orang tua yang mampu memberi kontribusi dan kritikan terhadap masyarakat.

Bagi perusahaan, generasi Y mengharapkan pimpinan yang jujur. Semakin pimpinan jujur, maka akan semakin dihormati. Jejaring sosial dapat dimanfaatkan bagi para pimpinan untuk berbagi kegiatan sehari-hari bersama para karyawannya. Perusahaan sebisa mungkin menciptakan budaya kerja yang unggul dimana karyawan memiliki teman yang terlibat dalam pekerjaannya dan mendapat tunjangan.

Jadi, apakah kamu termasuk Generasi Y?


_________________________
Sumber www.4muda.com

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter