Belajar atau Bekerja

12:33:00 PM



Menjelang lulus SMK, saya pernah bertanya pada diri saya sendiri. Apakah saya mau Bekerja dulu ? atau saya harus Kuliah dulu. 
Keadaan menjawab dibarengi egois yang harus ditekan. Saya memilih untuk bekerja terlebih dahulu. Awalnya, saya pikir ketika memutuskan untuk bekerja, SMK adalah pendidikan tertinggi yang berhasil saya capai. Untuk menuju perguruan tinggi, sepertinya terlalu jauh bagi saya. Terlebih saya bekerja di perantauan, bukanlah hal yang mudah.

Seiring waktu, waktu mendewasakan saya. Bahwa saya harus berubah. SMK bukanlah akhir pendidikan saya. Pekerjaan saya tekuni, dan saya ingin bisa kuliah. Selama setahun, sehabis lulus saya fokus untuk bekerja. 

Saya selalu yakin, bahwa niat yang sungguh pasti membuahkan hasil. Kewajiban kita adalah berusaha semaksimal mungkin. Lalu waktu itu saya mengambil keputusan, yang berat bagi saya dan atasan saya. Saya meminta ijin untuk kuliah di kota hujan. 

Awalnya memang alot, karena seharusnya saya dipindahkan ke cabang lain. Saya tidak tahu, apakah saya beruntung atau atasan saya yang terlalu baik kepada saya. Saya mengilhami, bahwa dia pastinya kecewa dengan saya.
Keputusan sudah saya ambil, dan saya bersyukur karena telah diijinkan melanjutkan ke perguruan tinggi, disamping setiap paginya saya bekerja.

Memang, belajar sambil bekerja tidaklah mudah. Tapi di perusahaan saya saat ini, saya amat berterimakasih. Karena saya merasakan bukan seperti bekerja pada umumnya. Saya merasa seperti belajar. Dan di perusahaan tempat bekerja saat ini, justru saya dituntut untuk terus belajar. Itulah yang saya suka.

Jika di judul saya tulis "Belajar atau Bekerja", maka yang saya rasakan saat ini adalah Belajar atau Belajar. Tidak ada pilihan lain di hidup ini selain belajar. Ketika bekerja, sesungguhnya kita juga sedang belajar. Bagaimana kita belajar bertanggung jawab. Belajar untuk taat pada atasan. Belajar menghormati teman kerja. Belajar memuaskan pelanggan. Semuanya belajar.

Atasan saya yang akhirnya mengijinkan saya kuliah tadi pernah mengajarkan kepada saya, bahwa hidup itu adalah proses belajar. Ketika kita berhenti belajar, maka hidup kita sebenarnya sudah selesai. Lalu, sudah belajar apa kita hari ini?


*Image by Afiv

You Might Also Like

0 komentar

Masukkan Komentar dan Pesan Terbaikmu..

Tag me on Twitter